Smalleranimals.com – Smaller Animals Software Terkini

Smaller Animals Software – Software Aplikasi Edit Gambar Thumbail untuk Galeri

11 Cara Identifikasi Untuk Memanipulasi Foto

11 Cara Identifikasi Untuk Memanipulasi Foto – Adobe Photoshop dan alat pengeditan gambar lainnya membawa pemrosesan gambar ke massa. Faktanya, siapa pun dapat mengambil foto dan mengeditnya dengan cara yang mungkin sulit ditemukan. Majalah fashion, influencer media sosial, bahkan politisi kerap kali merasa bersalah dengan memanipulasi foto.

11 Cara Identifikasi Untuk Memanipulasi Foto

11 Cara Identifikasi Untuk Memanipulasi Foto
kelasdesain.com

smalleranimals – Ada begitu banyak gambar yang berpotensi dimanipulasi mengambang di Internet. Bagaimana Anda menilai apakah gambar tersebut telah dimanipulasi? Sebenarnya, ada beberapa cara untuk mendeteksi produk palsu. Berikut ini beberapa metode yang paling umum dan efektif.

 

1. Periksa tepinya

Setelah menambahkan sesuatu ke adegan, terkadang hal itu dapat dinilai dengan mengamati tepinya. Jika Anda menggunakan alat “Quick Selection” atau “Magic Wand” di Photoshop, biasanya akan meninggalkan tepi bergerigi di sekitar objek.

Selain itu, Anda mungkin memperhatikan bahwa tepinya terlalu halus. Ini biasanya terjadi ketika orang memotong di sekitar objek kompleks seperti rambut atau bulu.

Mereka tidak dapat memotong semua garis di sekitar tepinya, jadi mereka menggunakan alat seperti alat pena Photoshop untuk membuat pilihan yang tepat. Hal ini dapat menghasilkan tepi yang halus secara tidak wajar.

Untuk mengatasi masalah tepi halus, seseorang dapat menggunakan penghalusan, yang pada dasarnya melembutkan tepi seleksi. Jika dilakukan dengan benar, ini dapat membuat objek yang tumpang tindih terlihat lebih alami dalam pengaturan baru-sesuaikan terlalu tinggi dan terlihat buram.

Baca juga : Inilah 5 Pengganti Photoshop Free Tahun 2021

2. Temukan teks terbalik

Ini adalah kesalahan pemula, tetapi terkadang orang tidak mempertimbangkan teks apa pun dalam gambar saat membalik gambar.

Teks yang dibalik di seluruh gambar tidak membuktikan apa-apa, tetapi jika Anda melihat bahwa teks ditulis dengan cara yang benar di satu bagian gambar dan sebaliknya di bagian lain, Anda jelas dapat memanipulasinya.

 

3. Periksa bayangan apa pun

Kesalahan bayangan biasanya muncul setelah gambar dimanipulasi. Kesalahan umum adalah menggunakan bayangan di tempat yang tidak semestinya digunakan.
Gambar di atas menunjukkan bayangan nyata yang terlempar ke lantai dalam waktu lama, dan kemudian menjadi lebih pendek di dinding. Namun, proyeksi dasar Photoshop terlihat datar dan jelas palsu.

Lost Shadow adalah hadiah besar lainnya. Objek ditambahkan ke foto, tetapi bayangan telah dihilangkan atau dilemparkan dengan cara yang terlihat tidak wajar. Kesalahan semacam itu tidak selalu sejelas contoh kita, tetapi bisa terjadi.

Setelah menyisipkan beberapa elemen dalam foto, Anda mungkin juga memperhatikan bahwa mereka tidak menghasilkan bayangan secara konsisten.

Baca juga : Printer Foto 17-Inci Epson SureColor P900

4. Kurang berpikir

Cari objek dan cermin yang mengilap pada gambar yang menurut Anda mungkin telah diedit. Biasanya, siapa pun yang memanipulasi foto tersebut akan lupa mempertimbangkan pantulan yang harus ditampilkan.

Dalam contoh ini, semua objek dipantulkan pada meja kaca kecuali botol logam yang kami tambahkan. Botol juga harus tercermin di vas, dan botol itu sendiri juga harus menunjukkan pantulan benda lain di atas meja.

 

5. Sudut pandang salah

Jika Anda memasukkan bidikan objek pada sudut rendah ke dalam bidikan gambar pada sudut tinggi, ini akan terlihat sangat salah karena biasanya menggambarkan sesuatu yang tidak mungkin.

Contoh di sini jelas salah, karena Anda seharusnya tidak melihat bagian bawah tabel topik dan bagian atas topik lainnya. Tentu saja, banyak gambar yang diedit akan lebih baik dari ini, jadi kesalahan apa pun dalam perspektif mungkin lebih halus. Bagaimanapun, prinsipnya sama.

Lain kali Anda menemukan foto yang mungkin dimanipulasi, tanyakan pada diri Anda: Jika saya dapat melihat foto itu, apakah saya benar-benar dapat melihatnya? Jika jawabannya tidak, itu mungkin telah dimanipulasi.

 

6. Temukan sisa-sisa objek yang terhapus

Terkadang orang ingin menghapus seseorang dari sebuah foto. Namun, terkadang mereka meninggalkan sesuatu dan membuat permainan tidak berguna – mungkin bagian dari tubuh, atau refleksi.

Kami membuat contoh kami sendiri di sini, tetapi ini sebenarnya telah terjadi berkali-kali di majalah dan surat kabar. Jika Anda belum menyadarinya, wanita ini memiliki tangan mengambang di bahunya, milik orang yang pernah berdiri di sampingnya.

Anda juga harus memperhatikan bayangan yang sepertinya menghilang. Faktor apa pun yang dapat menyebabkan bayangan telah dihilangkan dari foto.

 

7. Cari tanda-tanda kloning

Editor gambar seperti Photoshop dapat dengan mudah menyalin bagian dari foto ke yang lain. Ini disebut kloning, dan memungkinkan orang melakukan sesuatu, seperti membuat kerumunan terlihat lebih besar, atau mengisi celah setelah memotong sesuatu.

Pada gambar ini, Anda dapat melihat beberapa tanda kloning yang jelas. Sebagai permulaan, beberapa di antaranya muncul di foto dua kali. Masih ada beberapa orang dalam gambar yang tidak sepenuhnya ditempel. Selain itu, luas daerah bata hasil kloning tidak sesuai dengan luas sebenarnya.

 

8. Cobalah untuk memperbesar

Kesalahan Photoshop tertentu hanya muncul saat diperbesar. Apa yang terlihat nyata pada ukuran tampilan normal mungkin terlihat palsu jika dilihat dari jarak dekat.

Di foto ini, bunganya memanjang hingga ke tepi kanan. Ini tidak terlihat luar biasa, tetapi pada pandangan pertama, Anda mungkin tidak melihat adanya kelainan.

Dengan memperbesar, terlihat jelas bahwa bunga-bunga itu diklon dari berbagai bagian gambar aslinya. Hanya pada ukuran yang lebih besar ini Anda dapat melihat dengan jelas bahwa sebagian dari bunga telah dikloning sebagian.

 

9. Identifikasi warpage apa pun

Pengguna Photoshop yang terampil akan tahu bagaimana menghindari pembengkokan, tetapi orang yang tidak tahu apa yang mereka lakukan dapat dengan mudah membuat kesalahan ini.

Mereka ingin memperbesar atau memperkecil sesuatu pada gambar, jadi mereka menggunakan alat seperti alat Liquify Photoshop. Meskipun mereka berhasil mengubah apa yang mereka inginkan, mereka juga secara aktif mengedit hal-hal lain.

Biasanya, seperti pada contoh di atas, latar belakang di sekitar objek atau karakter yang diedit juga akan berubah bentuk. Lengan atas orang itu tampak lebih besar, tetapi jendela di belakangnya telah berubah bentuk.

 

10. Cari pencahayaan yang tidak konsisten

Kecuali jika ada banyak sumber cahaya di foto, pencahayaan biasanya harus datang dari arah yang konsisten. Jika sekelompok orang atau objek berdekatan, tetapi memiliki area terang dan gelap di sisi yang berbeda, foto mungkin telah dimanipulasi.

Terlepas dari masalah lain dengan foto ini, ada bayangan di sisi kanan pria di pojok. Ini menandakan bahwa sumber cahaya ada di sebelah kiri. Namun, dia berdiri di sebelah kiri empat orang, dengan bayangan di kiri mereka, yang berarti bahwa cahaya terutama datang dari kanan.

 

11. Membalikkan pencarian gambar dan alat ahli

Anda dapat menggunakan Gambar Google atau TinEye untuk mengunggah gambar dan menelusuri web. Bahkan ada alat untuk mencari wajah.

Selain menemukan gambar yang sama persis, situs pencarian gambar terbalik juga akan menemukan foto yang serupa. Jika gambar diproses, situs pencarian gambar terbalik ini kemungkinan besar akan menemukan gambar asli.

Ada juga berbagai alat online yang dirancang khusus untuk membantu Anda mengetahui apakah gambar telah dimanipulasi. FotoForensics adalah salah satu yang paling terkenal, memungkinkan Anda untuk melihat hal-hal seperti piksel tersembunyi dan melihat data EXIF ​​foto.

Data EXIF ​​adalah metadata, yang menyimpan berbagai informasi tentang sumber foto. Selain melihatnya, Anda juga dapat mengedit atau menghapus data EXIF.
Apakah gambar Anda terlihat palsu?

Apakah Anda tertarik untuk membuat gambar Photoshop yang menarik? Dalam kebanyakan kasus, Anda ingin gambar yang diedit terlihat serealistis mungkin.

Anda tidak ingin inspeksi visual sederhana untuk menunjukkan bahwa itu palsu. Jika Anda tidak yakin tentang cara terbaik untuk menempatkan berbagai hal menjadi gambar, yang terbaik adalah meningkatkan keterampilan Photoshop Anda sebelum menampilkan pengeditan.

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!